Monday, November 9, 2015

Pengaruh Perkembangan Sinema Digital di Masyarakat

Sebelum membahas pengaruh perkembangan sinema digital pada masyarakat disini kita harus mengerti dahulu apa itu Sinema Digital ?
Sinema Digital
Sinema digital merujuk pada penggunaan teknologi digital untuk mendistribusikan dan menayangkan gambar bergerak. Sebuah film dapat didistribusikan lewat perangkat keras, piringan optik atau satelit serta ditayangkan menggunakan proyektor digital alih-alih proyektor film konvensional. Sinema digital berbeda dari HDTV atau televisi high definition. Sinema digital tidak bergantung pada penggunaan televisi atau standar HDTV, aspek rasio atau peringkat bingkai. Proyektor digital yang memiliki resolusi 2K mulai disebarkan pada tahun 2005, dan sejak tahun 2006 jangkauannya telah diakselerasi.
sinema digital dapat dibuat dengan media video yang untuk penayangannya dilakukan transfer dari format 35 milimeter (mm) ke format high definition (HD). Proses transfer ke format HD melalui proses cetak yang disebut dengan proses blow up. Setelah menjadi format HD, penayangan film dilakukan dari satu tempat saja, dan dioperasikan ke bioskoplain dengan menggunakan satelit, sehingga tidak perlu dilakukan salinan film. Contohnya, dari satu bioskop di Jakarta, film dapat dioperasikan atau diputar ke bioskop-bioskop didaerah melalui satelit.
Dari paparan diatas dapat simpulkan bahwa contoh dari sinema digital sebetulnya kita tak pernah sadar bahwa hal yang biasa kita lakukan bersama teman – teman kita seperti menonton film di bioskop itu sudah merupakann contoh dari sinema digital.
Seiring perkembangan zaman pengaruh dari perkembangan sinema digital pada ruang lingkup masyarakat begitu pesat dari anak kecil , remaja, dewasa maupun yang sudah tuapun ikut terpengaruh oleh arus dari perkembangan sinema digital, bahkan ada beberapa bioskop yang menyediakan untuk pelanggannya ruangan khusus untuk menonton film dengan tempat tidur di masing – masing penontonnya , bayangkan bagaimana tidak begitu pesatnya perkembangan sinema digital di zaman ini.
Namun disatu sisi juga perkembangan sinema digital ini harus di seimbangi dengan pola pikir yang ekonomis karena banyak di kalangan masyarakat yang sangat menggilai menonton film – film baru di bioskop , hal seperti itu yang dapat menguras kantung kitakan? Maka dari itu di zaman digital ini harus pandai – pandai memanfaatkan perkembangannya dan jangan sampai karena perekembangan sinem digital sekarang ini begitu pesat kita seakan – akan begitu menikmatinya tanpa pikir akan dampak negatifnya terhadap diri kita.

Source : https://id.wikipedia.org/wiki/Sinema_digital


0 comments:

Post a Comment