Tuesday, October 20, 2015

Pengenalan Inkscape







Inkscape adalah sebuah perangkat lunak editor gambar vektor yang bersifat perangkat lunak bebas dibawah lisensi GNU GPL. Tujuan utama dari Inkscape adalah menjadi perangkat grafik mutakhir yang memenuhi standar XML, SVG, dan CSS.
Inkscape bersifat cross-platform dan dapat dijalankan pada Mac OS X (biasanya dibawah aplikasi X11, walaupun toolkit GTK+ yang digunakan dapat dikompilasikan untuk beroperasi secara langsung dibawah Quartz , sistem operasi berbasis Unix, dan Microsoft Windows. Implementasi SVG dan CSS di Inkscape belum sempurna, misalnya Inkscape tidak mendukung animasi SVG, dan font SVG, walaupun dukungan dasar untuk pembuatan font SVG telah diimplementasikan pada versi 0.47. Inkscape bersifat multibahasa, terutama untuk antarmuka dan script rumit, sesuatu yang sering terlewatkan pada sebagian besar editor grafik vektor komersil.
                Perangkat Inkscape ini banyak digunakan oleh para creator – creator yang menggemari di bidang pembuatan sticker online . aplikasi Inkscape ini tidak kalah saing dengan aplikasi berbayar pembuat animasi lainnya Karena Inkscape ini mudah di gunakan dalam segi toolnya .
Keuntungan menggunakan inkscape :
1.       Gratis
Kelebihan yang paling utama itu adalah inkscape gratis / open source karena tidak seperti aplikasi berbayar laiinya yang harus mengeluarkan anggaran dalam penggunaannya .
2.       File ringan
Ukuran dan program dari inkscape ini cukup ringan , tentu sangat berdampak positif bagi pengolahan memory pada hardisk.
3.       Banyak pilihan warna
Secara default inkscape dilengkapi dengan panel warna yang dinamakan palette . di palette tersebut disediakan pilihan warna dari terang hingga ke palinng tergelap.
4.       File document yang berkulaitas
File inkscape ini tidak kalah saing juga dengan corel draw kualitasnya , serta file inkscape ini dapat dibuka pada aplikasi corel draw

Kelemahan menggnakan inkscape :
1.       Ukuran file yang dapat menjadi lebih besar
File inkscape dapat menjadi lebih besar apabila menggunakan banyak gradasi serta terdapat file jpg yang ukurannya relative besar sehingga dapat membuat aplikasi ini menjadi tidak berjalan.
2.       Tidak dapat mengedit file document dari software yang berbeda
Inkscape tidak dapat mebaca dan mengedit document dari corel draw.

3.       Export hanya satu extensi
Kekurangan ini yang sangat paling terasa ketika mengexport hanya bisa satu extensi saja yaitu PNG.

Jadi dapat disimpulkan bahwa aplikasi inkscape ini merupakan aplikasi gratis (open source)
Yang memiliki kelebihan dari aplikasi lainnya namun disamping itu Inkscape ini memiki kekurangan juga tergantung dari kita sendiri bagaimana cara menaggulanginya.

source : https://id.wikipedia.org/wiki/Inkscape


0 comments:

Post a Comment