Friday, March 11, 2016

FTP (File Transfer Protocol)




Pengertian FTP
FTP (File Transfer Protocol ) yang umum digunakan dalam jaringan computer (Internet) untuk proses transfer antar computer. Proses transfer file ini dapat berupa pengambilan file dari computer server ke computer penerima dan pengkopian (upload/unggah) file dari computer pengguna (pengirim) ke computer tujuan (Server FTP). FTP menggunakan port 21 untuk melakukan koneksi di dalam jaringan computer .

Cara Kerja FTP
Metode yang digunakan oleh FTP adalah metode autentikasi standar, dimana dibutuhkan username dan password untuk mengakses data-data yang ada pada FTP server.
Pengguna yang telah terdaftar (memiliki username dan password) memiliki akses penuh pada beberapa direktori-direktori beserta file-file yang ada di dalamnya sehingga pengguna yang terdaftar tersebut dapat membuat, menyalin, memindahkan atau bahkan menghapus direktori-direktori tersebut.
Untuk cara kerjanya, terlebih dahulu FTP client harus meminta koneksi kepada FTP server, jika sudah terhubung dengan FTP server maka FTP client dapat melakukan pertukaran data seperti upload dan download data atau informasi.
Contoh : Bos (Server) mengirimkan document pekerjaan yang harus di selesaikan sekarang juga dengan mengirimnya menggunakan FTP kepada semua ckaryawannya (Client)  yang berada dalam satu gedung
Kesimpulan
Jadi dapat di simpulkan bahwa FTP merupakan sebuah metode yang digunakan untuk mempermudah pengguna computer dalam melakukan sharing file (berbagi file). Dimana dalam FTP terdapat Server dan Client yang setiap Clientnya harus mendaftarkan terlebih dahulu jika ingin melakukan Sharing file.

Sumber : 
  •   Vaughar, Steven, dkk. 1999. World Wide Web. Yogyakarta: Andi Yogyakarta. 
  •   Pratama S.T.,M.T., Putu Agus Eka 2015. Handbook Jaringan Komputer. Bandung: Informatika Bandung.  
  •    Wayan Ade Sapura, I & Pramartha, Cokorda Rai Adi. “Perancangan FTP (FILE TRANSFER PROTOCOL) Melalui SCTP (STREAM CONTROL TRANSMISION PROTOCOL) Menggunkan Socket Programming”.14 Maret 2016. ojs.unud.ac.id.

0 comments:

Post a Comment