Friday, March 11, 2016

HTTP (Hyper Text Transfer Protocol)


HTTP adalah komunikasi protokol yang memfasilitasi transfer informasi ke Internet. HTTP merupakan protokol request-response (permintaan dan tanggapan) antara klien dan server.  Klien adalah  web pengguna atau web browser, sedangkan server adalah pemberi tanggapan dengan menyimpan atau mengambil sumber daya yang diminta dengan menghubungkan tautan, yang disebut dengan dokumen hiperteks, selanjutnya membentuk World Wide Web.
Jadi dapat disimpulkan bahwa HTTP adalah Potocol yang sering dan banyak digunakan oleh pengguna jaringan computer, khususnya di dalam mengakses alamat suatu Website.
World Wide Web atau WWW merupakan aplikasi di jaringan computer (Internet) yang banyak digunakan saat ini pada berbagai macam perangkat komputer. Komputer desktop, Komputer jinjing, computer mobile, smarthphone, dan tablet. Pada jaringan computer umumnya terdapat server dan client yang saling berkomunikasi server dapat melayani satu atau beberapa client sekaligus.
Terkait dengan adanya komunikasi antara sever dan client, maka protocol HTTP memiliki setidaknya tiga buah fungsi. Fungsi – fungsi tersebut antara lain sebagai berikut :

  • Mempermudah Web Server di dalam melakukan tindakan terkait dengan permintaan dari client
  • Mempermudah aplikasi Web Browser untuk menyajikan data dan informasi yang dikirimkan oleh Web Server  berdasarkan permintaan dari client.
  • Mempermudah di dalam penerjemahan pesan dan perintah yang berasal dari client ke server dan respon yang dikirimkan dari sever ke client (berdasarkan permintaan dari client)

Protokol HTTP memiliki dua buah mode utama di dalam layanan yang diberikan kepada pengguna jaringan computer. Kedua metode tersebut adalah POST dan GET . Metode POST berfungsi untuk proses pengiriman data ke server dengan melakukan penambahan, pengeditan, dan pengubahan data di server. Metode GET dikhususkan untuk memperoleh data dan informasi dari server.

Sumber :

  • Pratama S.T.,M.T., Putu Agus Eka 2015. Handbook Jaringan Komputer. Bandung: Informatika Bandung
  • Hidayatullah,Priyanto, dan Jauhari Khairul Kawistara. 2015. Pemrograman Web. Bandung: Informatika Bandung.
  • Melwin, Stafrizal.(2005).”Pengantar Jaringan Komputer”. Yogyakarta:Penerbit Andi [ebook]

0 comments:

Post a Comment