Friday, March 17, 2017

Tugas 1 Teknologi Game



Teknologi Game 


 


Membahas mengenai teknologi game disini terlebih dahulu mengartikan definisi dari apa itu Teknologi ?
Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Secara umum, teknologi dapat didefinisikan sebagai entitas, benda maupun tak benda yang diciptakan secara terpadu melalui perbuatan dan pemikiran untuk mencapai suatu nilai.
Setelah mengetahui apa itu teknologi baru kita masuk ke definisi dari Game ?
Dalam kamus bahasa Indonesia “Game”diartikan sebagai permainan. Permainan merupakan bagian dari bermain dan bermain juga bagian dari permainan keduanya saling berhubungan.
Dari kedua pengertian di atas dapat di disimpulkan  bahwa teknologi game merupkan sebuah sarana teknologi yang di gunakan untuk bermain dan bermainjuga bagian dari permainan keduanya yang saling berhubungan.


Bisnis dalam game computer 

 

Mendengar kata bisnis dalam benak telinga kita pasti sudah memikirkan penghasilan ataupun pemasukan. Bisnis dalam game computer ini begitu berkembang pesat di jaman sekarang ini. 
Contoh :
Warung internet atau biasa kita sebut Warnet khusus game  , nah bisnis ini begitu banyak kita lihat di sekitar kita apalagi sudah terselip kata game pasti sudah membayangkan begitu banyak para gamer yang bermain di dalamnya biasanya para gamer atau pemain game banyak tertarik menyalurkan hobi bermain gamenya pada warnet khusus game ini dimana ia merasa tertantang untuk menjadi seorang pemain game yang handal dan tentunya di samping itu para pemain game juga harus mengeluarkan dan juga untuk menikmati sarana dari warnet khusus game ini.
Kemudian ada juga bisnis dalam game berupa pembelian voucher cash untuk para pemain game yang ingin membuat karakternya terlihat lebih berbeda dari karakter para pemain lainnya khususnya para pemain game online.

3D engine dan Scene Graph 

3D engine
3D engine adalah software system yang dirancang untuk menciptakan dan mengembangkan gambar 3D, fungsionalitas inti biasanya disediakan oleh mesin permainan mencakup mesin render (renderer) untuk 2D/3D grafis.

Scene Graph 

Scene Graph merupakan inti dari Java3D yang merepresentasikan geometri, material, dan pencahayaan.

OGRE 

 


OGRE OGRE (Object-Oriented Graphics Rendering Engine) adalah engine yang object oriented & flexible 3D rendering pada game engine yang ditulis dalam bahasa C++ serta didesain untuk mampu men-developer dengan intuitif & mudah kepada aplikasi produksi dengan menggunakan utility hardware-accelerated 3D graphic. Gambaran abstraknya OGRE menggunakan sistem library seperti Direct3D & OpenGL, serta menyediakan sebuah dasar interface di dunia objek dan class object yang lebih tinggi.
Kelebihan yang paling menonjol pada ogre adalah graphics engine yang bisa memberikan para developer sebuah kebebasan untuk menggunakan physics apapun, input, audio, & library lainnya. OGRE memberikan para tim development untuk fokus pada graphics daripada beberapa sistem-sistem yang ada dalam game development. OGRE dapat mensuport OIS, SDL, dan CEGUI libraries.

Processing

Processing adalah bahasa pemrograman dan lingkungan pemrograman yang bersifat open source yang digunakan untuk memprogram gambar, animasi, dan interaksi.

Game Maker

 


Game Maker adalah software yang bisa membantu anda menjadi pengembang game komputer tanpa menggunakan coding sedikitpun. Dapat digunakan untuk membuat 3 dimensi dan Multiplayer.

Unity3D

Unity 3D adalah sebuah game developing software. Dengan software ini, kita bisa membuat game 3D yang seru. Game developer ini sangat mudah digunakan, dengan GUI yang memudahkan kita untuk membuat derta mengedit script untuk menciptakan sebuah game 3D.

Desain Skenario, Scriptm dan Storyboard Game Komputer

Game Design Concept merupakan bahasa terjemahan dari konsep desain permainan, atau bias disebut juga Perancangan konsep permainan
Perancang Game terdiri atas, dibawah ini:

a. Pemimpin Desainer, merupakan seorang yang menggerakan konsep game tersebut menjadi lebih menarik, yang membuat game tersebut mempunyai nilai artistic.

b. Game mechanic designer, seorang yang membuat aturan-aturan dalam permainan, sehingga permainan tersebut tidak berat sebelah atau seimbang.

c. Tingkat Desainer atau Lingkungan Desainer adalah orang yang brtanggung jawab dalam membuat lingkungan permainan, agar permainan atau game menjadi lebih real seperti game yang berbasis tiga dimensi.

d. Penulis atau Writter adalah seorang yang mempunyai narasi dalam game tersebut dari setiap alur cerita, apa yang harus dilakukan pemain dalam memainkan game tersebut. Penulis harus bekerja sama dalam pembuatan skenario game dengan desainer utama.

Storyboard adalah sketsa gambar yang disusun berurutan sesuai dengan naskah, dengan storyboard kita dapat menyampaikan ide cerita kita kepada orang lain dengan lebih mudah, karena kita dapat menggiring khayalan seseorang mengikuti gambar-gambar yang tersaji, sehingga menghasilkan persepsi yang sama pada ide cerita kita.

Artificial  (Kecerdasan Buatan ) pada game 

 


Kecerdasan buatan (bahasa Inggris: Artificial Intelligence atau AI) didefinisikan sebagai kecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitas buatan. Sistem seperti ini umumnya dianggap computer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia.
Game AI adalah suatu program yang digunakan untuk memodelkan karakter yang terlibat dalam permainan baik sebagai lawan, ataupun karakter pendukung yang merupakan bagian dari permainan tetapi tidak ikut bermain NPC. Peranan kecerdasan buatan dalam hal interaksi pemain dengan permainan adalah pada penggunaan interaksi yang bersifat alami yaitu yang biasa digunakan menusia untuk berinteraksi dengan sesama manusia. Contoh media interaksi ialah:
  • Penglihatan
  • Suara , ucapan
  • Gerakan anggota badan

Arsitektur Game Engine
Game engine itu sendiri secara sempit berarti mesin permainan, untuk arti yang lebih luas game engine berarti software yang dirancang untuk pembuatan dan pengembangan suatu game. Ada banyak sekali game engine yang dirancang untuk bekerja pada beberapa konsol video game dan sistem operasi desktop seperti Microsoft Windows, Linux dan Mac OS X. Fungsi utama yang secara khusus disediakan oleh game engine meliputi mesin render (renderer) untuk grafik 2D atau 3D, mesin fisika, deteksi tabrakan (dan tanggapan tabrakan), suara, script, animasi, kecerdasan buatan, jaringan, streaming, manajemen momori, threading, dukungan lokalisasi dan layar grafik.


Roll your own game engine

Banyak perusahaan game kecil menggunakan engine-nya sendiri. Mereka menggunakan API seperti XNA, DirectX atau OpenGL. Di sisi lain, mereka kadang menggunakan library komersil atau yang open source karena lebih fleksibel dalam mengintegrasikan komponen yang diinginkan untuk dibentuk.

Mostly-ready game engines

Engine ini biasanya menyediakan semuanya begitu diberikan pada developer/programer. Semuanya termasuk contoh GUI, physiscs, libraries model, texture dan lain-lain.

Point-and-click engines

Engine ini merupakan engine yang sangat dibatasi, tapi dibuat dengan sangat user friendly. Anda bahkan bisa mulai membuat game sendiri menggunakan engine seperti GameMaker, Torque Game Builder dan Unity3D. Dengan sedikit memanfaatkan coding, kamu sudah bisa merilis game point-and-click yang kamu banget.  Kekurangannya terletak pada terbatasnya jenis interaksi yang bisa dilakukan dan biasanya hal ini mencakup semuanya, mulai dari grafis hingga tata suara. Tapi bukan berarti game engine jenis ini tidak berguna, bagi developer cerdas dan memiliki kreativitas tinggi, game engine seperti ini bisa dirubah menjadi sebuah game menyenangkan, seperti Flow.



Sumber :
Ibrahim, Hafes. “Teknologi Game”. 07 Maret 2016. https://www.slideshare.net/hafesi/tugas-1-softskill-59180145
Aji, Dimas Seyta. “Pengantar Teknologi Game”. 03 Desember 2016. http://www.kamu-info.web.id/2016/03/pengantar-teknologi-game.html
Pratama94. “Perbandingan Storyboard yang Digunakan Untuk Game dengan Animasi”. 17 Maret 2015. https://pratama94.wordpress.com/2015/03/17/perbandiangan-storyboard-yang-digunakan-untuk-game-dengan-animasi/
 
Chikhungunya. “Definisi Game dan Jenis – jenisnya”. 26 Mei 2011. https://chikhungunya.wordpress.com/2011/05/26/definisi-game-dan-jenis-jenisnya/
Nurianti. “Pengertian Teknologi Menurut Umum”. 15 Januari 2013. http://riantinuri.blogspot.co.id/2013/03/teknologi.html
 
Setiyanugroho. “Kecerdasan Buatan dalam Game”. 12 April 2015. https://setiyanugroho.wordpress.com/2011/04/12/kecerdasan-buatan-dalam-game/

0 comments:

Post a Comment