Teknologi
Game
Membahas mengenai teknologi game disini terlebih dahulu
mengartikan definisi dari apa itu Teknologi ?
Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan
barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.
Secara umum, teknologi dapat didefinisikan sebagai entitas, benda maupun tak
benda yang diciptakan secara terpadu melalui perbuatan dan pemikiran untuk
mencapai suatu nilai.
Setelah mengetahui apa itu teknologi baru kita masuk ke definisi
dari Game ?
Dalam kamus bahasa Indonesia “Game”diartikan sebagai permainan.
Permainan merupakan bagian dari bermain dan bermain juga bagian dari permainan
keduanya saling berhubungan.
Dari kedua pengertian di atas dapat di disimpulkan bahwa teknologi game merupkan sebuah sarana
teknologi yang di gunakan untuk bermain dan bermainjuga bagian dari permainan
keduanya yang saling berhubungan.
Bisnis dalam game computer
Mendengar kata bisnis dalam benak telinga kita pasti sudah
memikirkan penghasilan ataupun pemasukan. Bisnis dalam game computer ini begitu
berkembang pesat di jaman sekarang ini.
Contoh :
Warung internet atau biasa kita sebut Warnet khusus game , nah bisnis ini begitu banyak kita lihat di
sekitar kita apalagi sudah terselip kata game pasti sudah membayangkan begitu
banyak para gamer yang bermain di dalamnya biasanya para gamer atau pemain game
banyak tertarik menyalurkan hobi bermain gamenya pada warnet khusus game ini
dimana ia merasa tertantang untuk menjadi seorang pemain game yang handal dan
tentunya di samping itu para pemain game juga harus mengeluarkan dan juga untuk
menikmati sarana dari warnet khusus game ini.
Kemudian ada juga bisnis dalam game berupa pembelian voucher cash
untuk para pemain game yang ingin membuat karakternya terlihat lebih berbeda
dari karakter para pemain lainnya khususnya para pemain game online.
3D
engine dan Scene Graph
3D engine
3D engine adalah software system yang dirancang untuk menciptakan
dan mengembangkan gambar 3D, fungsionalitas inti biasanya disediakan oleh mesin
permainan mencakup mesin render (renderer) untuk 2D/3D grafis.
Scene Graph
Scene Graph merupakan inti dari Java3D yang merepresentasikan
geometri, material, dan pencahayaan.
OGRE
OGRE OGRE (Object-Oriented Graphics Rendering Engine) adalah
engine yang object oriented & flexible 3D rendering pada game engine yang
ditulis dalam bahasa C++ serta didesain untuk mampu men-developer dengan
intuitif & mudah kepada aplikasi produksi dengan menggunakan utility hardware-accelerated
3D graphic. Gambaran abstraknya OGRE menggunakan sistem library seperti
Direct3D & OpenGL, serta menyediakan sebuah dasar interface di dunia objek
dan class object yang lebih tinggi.
Kelebihan yang paling menonjol pada ogre adalah graphics engine
yang bisa memberikan para developer sebuah kebebasan untuk menggunakan physics
apapun, input, audio, & library lainnya. OGRE memberikan para tim
development untuk fokus pada graphics daripada beberapa sistem-sistem yang ada
dalam game development. OGRE dapat mensuport OIS, SDL, dan CEGUI libraries.
Processing
Processing
adalah bahasa pemrograman dan lingkungan pemrograman yang bersifat open source
yang digunakan untuk memprogram gambar, animasi, dan interaksi.
Game Maker
Game Maker
adalah software yang bisa membantu anda menjadi pengembang game komputer tanpa
menggunakan coding sedikitpun. Dapat digunakan untuk membuat 3 dimensi dan
Multiplayer.
Unity3D
Unity 3D adalah sebuah game developing software. Dengan software ini, kita bisa membuat game 3D yang seru. Game developer ini sangat mudah digunakan, dengan GUI yang memudahkan kita untuk membuat derta mengedit script untuk menciptakan sebuah game 3D.
Desain Skenario,
Scriptm dan Storyboard Game Komputer
Game Design Concept merupakan
bahasa terjemahan dari konsep desain permainan, atau bias disebut juga
Perancangan konsep permainan
Perancang
Game terdiri atas, dibawah ini:
a. Pemimpin Desainer, merupakan seorang yang menggerakan konsep game tersebut menjadi lebih menarik, yang membuat game tersebut mempunyai nilai artistic.
b. Game mechanic designer, seorang yang membuat aturan-aturan dalam permainan, sehingga permainan tersebut tidak berat sebelah atau seimbang.
c. Tingkat Desainer atau Lingkungan Desainer adalah orang yang brtanggung jawab dalam membuat lingkungan permainan, agar permainan atau game menjadi lebih real seperti game yang berbasis tiga dimensi.
d. Penulis atau Writter adalah seorang yang mempunyai narasi dalam game tersebut dari setiap alur cerita, apa yang harus dilakukan pemain dalam memainkan game tersebut. Penulis harus bekerja sama dalam pembuatan skenario game dengan desainer utama.
Storyboard adalah sketsa gambar yang disusun berurutan
sesuai dengan naskah, dengan storyboard kita dapat menyampaikan ide cerita kita
kepada orang lain dengan lebih mudah, karena kita dapat menggiring khayalan
seseorang mengikuti gambar-gambar yang tersaji, sehingga menghasilkan persepsi
yang sama pada ide cerita kita.
Artificial (Kecerdasan Buatan ) pada game
Kecerdasan buatan (bahasa Inggris: Artificial Intelligence
atau AI)
didefinisikan sebagai kecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitas
buatan. Sistem seperti ini umumnya dianggap computer. Kecerdasan diciptakan dan
dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan
seperti yang dapat dilakukan manusia.
Game AI
adalah suatu program yang digunakan untuk memodelkan karakter yang terlibat
dalam permainan baik sebagai lawan, ataupun karakter pendukung yang merupakan
bagian dari permainan tetapi tidak ikut bermain NPC. Peranan kecerdasan buatan
dalam hal interaksi pemain dengan permainan adalah pada penggunaan interaksi
yang bersifat alami yaitu yang biasa digunakan menusia untuk berinteraksi
dengan sesama manusia. Contoh media interaksi ialah:
- Penglihatan
- Suara , ucapan
- Gerakan anggota badan
Arsitektur Game Engine
Game engine itu sendiri secara sempit berarti mesin permainan,
untuk arti yang lebih luas game engine berarti software yang dirancang untuk
pembuatan dan pengembangan suatu game. Ada banyak sekali game engine yang
dirancang untuk bekerja pada beberapa konsol video game dan sistem operasi
desktop seperti Microsoft Windows, Linux dan Mac OS X. Fungsi utama yang secara
khusus disediakan oleh game engine meliputi mesin render (renderer) untuk
grafik 2D atau 3D, mesin fisika, deteksi tabrakan (dan tanggapan tabrakan),
suara, script, animasi, kecerdasan buatan, jaringan, streaming, manajemen
momori, threading, dukungan lokalisasi dan layar grafik.
Roll your own game engine
Banyak perusahaan game kecil menggunakan engine-nya sendiri.
Mereka menggunakan API seperti XNA, DirectX atau OpenGL. Di sisi lain, mereka
kadang menggunakan library komersil atau yang open source karena lebih
fleksibel dalam mengintegrasikan komponen yang diinginkan untuk dibentuk.
Mostly-ready game engines
Engine ini biasanya menyediakan semuanya begitu diberikan pada
developer/programer. Semuanya termasuk contoh GUI, physiscs, libraries model,
texture dan lain-lain.
Point-and-click engines
Engine ini merupakan engine yang sangat dibatasi, tapi dibuat
dengan sangat user friendly. Anda bahkan bisa mulai membuat game sendiri
menggunakan engine seperti GameMaker, Torque Game Builder dan Unity3D. Dengan
sedikit memanfaatkan coding, kamu sudah bisa merilis game point-and-click yang
kamu banget. Kekurangannya terletak pada terbatasnya jenis interaksi yang
bisa dilakukan dan biasanya hal ini mencakup semuanya, mulai dari grafis hingga
tata suara. Tapi bukan berarti game engine jenis ini tidak berguna, bagi
developer cerdas dan memiliki kreativitas tinggi, game engine seperti ini bisa
dirubah menjadi sebuah game menyenangkan, seperti Flow.
Sumber :
Ibrahim, Hafes. “Teknologi Game”. 07 Maret 2016. https://www.slideshare.net/hafesi/tugas-1-softskill-59180145
Aji, Dimas Seyta. “Pengantar Teknologi Game”. 03 Desember 2016. http://www.kamu-info.web.id/2016/03/pengantar-teknologi-game.html
Pratama94. “Perbandingan Storyboard yang Digunakan Untuk Game
dengan Animasi”. 17 Maret 2015. https://pratama94.wordpress.com/2015/03/17/perbandiangan-storyboard-yang-digunakan-untuk-game-dengan-animasi/
Chikhungunya. “Definisi Game dan Jenis – jenisnya”. 26 Mei 2011. https://chikhungunya.wordpress.com/2011/05/26/definisi-game-dan-jenis-jenisnya/
Nurianti. “Pengertian Teknologi Menurut Umum”. 15 Januari 2013. http://riantinuri.blogspot.co.id/2013/03/teknologi.html
Setiyanugroho. “Kecerdasan Buatan
dalam Game”. 12 April 2015. https://setiyanugroho.wordpress.com/2011/04/12/kecerdasan-buatan-dalam-game/
0 comments:
Post a Comment