Algoritma Dijkstra, (dinamai menurut penemunya, seorang ilmuwan komputer, Edsger Dijkstra), adalah sebuah algoritma rakus (greedy algorithm) yang
dipakai dalam memecahkan permasalahan jarak terpendek (shortest path problem)
untuk sebuah grafberarah (directed graph) dengan
bobot-bobot sisi (edge weights) yang bernilai tak-negatif.
Misalnya, bila vertices dari sebuah graf melambangkan kota-kota dan
bobot sisi (edge weights) melambangkan jarak antara kota-kota tersebut,
maka algoritma Dijkstra dapat digunakan untuk menemukan jarak terpendek antara
dua kota.
Input algoritma ini adalah sebuah graf berarah yang berbobot (weighted
directed graph) G dan sebuah sumber vertex s dalam G danV adalah himpunan semua vertices dalam graph G.
Setiap sisi dari graf ini adalah pasangan vertices (u,v)
yang melambangkan hubungan dari vertex u ke vertex v. Himpunan semua tepi disebut E.
Bobot (weights) dari semua sisi dihitung dengan fungsi
w: E → [0, ∞)
jadi w(u,v) adalah jarak tak-negatif
dari vertex u ke vertex v.
Ongkos (cost) dari sebuah sisi dapat dianggap sebagai
jarak antara dua vertex, yaitu jumlah jarak semua sisi dalam jalur
tersebut. Untuk sepasang vertex s dan t dalam V, algoritma ini menghitung jarak terpendek dari s ke t.
Sumber :
3D-Sarat Online, Netent, Playtech, Merkur,
ReplyDeleteto bring online casino games to your computer with 메리트 카지노 고객센터 Playtech, NetEnt, Playtech, choegocasino Merkur, KWin, NetEnt, Playtech, Merkur and many more. Rating: 4.1 · 11 바카라 사이트 votes