A. Apa
sih Komunikasi Desain Visual atau bisa di sebut DKV itu ?
·
Desain komunikasi visual atau lebih
dikenal di kalangan civitas akademik di Indonesia dengan singkatan DKV pada
dasarnya merupakan istilah penggambaran untuk proses pengolahan media dalam
berkomunikasi mengenai pengungkapan ide atau penyampaian informasi yang bisa
terbaca atau terlihat. Desain Komunikasi Visual erat kaitannya dengan
penggunaan tanda-tanda (signs), gambar (drawing), lambang dan
simbol, ilmu dalam penulisan huruf (tipografi), ilustrasi dan warna yang
kesemuanya berkaitan dengan indera penglihatan.
·
Desain
komunikasi visual adalah ilmu yang mengembangkan bentuk bahasa komunikasi
visual berupa pengolahan pesan pesan untuk tujuan sosial atau komersial, dari
individu atau kelompok yang ditujukan kepada individu atau kelompok lainnya.
Pesan dapat berupa informasi produk, jasa atau gagasan yang disampaikan kepada
target audience, dalam upaya peningkatan usaha penjualan, peningkatan citra dan
publikasi program pemerintah. Pada prinsipnya dkv adalah perancangan untruk
menyampaikan pola pikir dari penyampaian pesan kepada penerima pesan, berupa
bentuk visual yg komunikatif, efektif, efisien dan tepat. terpola dan terpadu
serta estetis, melalui media tertentu sehingga dapat mengubah sikap positif sasaran.
Dilihat dari
pengertian di atas dapat simpulkan bahwa Desain Komunikasi Visual merupakan
sebuah ilmu yang mempelajari dimana terdapat gambar atau symbol yang hanya di
lihat saja sesorang dapat mengerti maksud dari gambar tersebut.
B.
Penggunaan
Komunikasi Desain Visual
·
Bikini (Bihun Kekinian)
Siapa yang tidak tahu camilan bikini, dilihat dari
namanya serta gambar dari produk camilan
bikini ini sesorang pasti sudah
membayangkan yang tidak baik karena dari namanya saja sudah mengandung hal yang
negative namun di balik kesan negative itu tersimpan sebuah singkatan dari
Bihun Kekinian. Selanjutnya coba lihat pada gambar kemasan produk Bihun
Kekinian ini terdapat gambar pakaian renang yang kemudian terdapat bacaan yang
dimana seseorang jika ingin menikmati camilan ini harus mengikuti perintah yang
terdapat pada gambaran tersebut. Memang kesannya cukup dewasa namun di balik
itu semua ini merupakan pengaplikasian sebuah Desain Komunikasi Visual.
·
Keripik Maicih
Keripik maicih ini sudah lama sekali tenar di kalangan
pelajar hingga karyawan bahkah orang tuapun juga sudah mengenali produk camilan
berasal dari bandung ini. Dilihat dari nama serta gambarnya pasti seseorang
sangat penasaran dengan nama dari keripik ini bahkan dari gambarnya juga
membuat seseorang ingin mencoba camilan ini pastinya, maka dari itu ini juga
merupakan sebuah pengaplikasian dari Desain Komunikasi Visual.
C.
Fungsi
Desain Komunikasi Visual
·
Sebagai sarana Identifikasi
Fungsi utama
dari desain komunikasi visual adalah sebagai sarana identifikasi. Identitas
seseorang dapat mengatakan tentang siapa orang itu, dan darimana ia berasal.
·
Sebagai sara instruksi dan informasi
Desain
komunikasi visual bertujuan menunjukan hubungan antara suatu hal dengan hal
lainnya dalam petunjuk, arah, skala, dan posisi.
·
Sebagai sarana promosi dan produksi
Tujuan dari desain komunikasi visual sebagai sarana
promosi dan produksi adalah untuk menyampaikan pesan, pendapat perhatian secara
visual sehingga mudah diingat.
Referensi :
0 comments:
Post a Comment